7 Tempat Wisata di Balikpapan Yang Murah Untuk Dikunjungi 2016

Kali ini kita akan membahas beberapa potensi wisata yang ada di Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan. Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur yang memiliki penduduk kurang lebih sebanyak 701.066 jiwa, yang merupakan 22% dari keseluruhan penduduk Kaltim. 
Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar). Jadi jika kalian hendak berwisata ke Balikpapan pastikan kalian membawa uang yang cukup, sekedar untuk jaga-jaga.

1. Gunung Dubs
foto: agneskurniawan.files

Banyak orang yang mengira wisata yang satu ini adalah wisata pegunungan dengan udara sejuk dan dingin, namun kenyataannya  Gunung Dubs sebenarnya adalah sebuah kawasan dataran tinggi yang sering dijadikan spot untuk melihat pemandangan kota Balikpapan pada malam hari. Kalo kalian pernah ke Bukit Bintang di Jogja, seperti itulah kira-kira wisata Gunung Dubs di Balikpapan. Kalian dapat melihat deretan kompleks perumahan Pertamina dan juga dekat dengan kilang minyak. Lampu-lampu kota terlihat menawan dari Gunung Dubs, dari sini kita juga bisa melihat semacam drum raksasa tempat hasil perkilangan minyak Pertamina. Saat yang tepat mengunjungi tempat ini adalah Pada malam hari, kalian akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya dari tempat ini.

2. Penangkaran Buaya Teritip
foto: http://images.detik.com

Bagi kalian yang suka berwisata seperti kebun binatang, di Balikpapan juga ada tempat keren untuk dikunjungi, yaitu penangkaran buaya teritip. kalian dapat melihat berbagai jenis buaya yang berukuran jumbo disini. Jumlah buaya disini ada sekitar 1.450 ekor, mulai dari buaya muara hingga dua spesies buaya yang terancam punah, yakni buaya air tawar dan buaya supit. Lokasi taman buaya ini sekitar 5 ha dan mulai dibuka pada 1991. Anda ingin merasakan sensasi memberi makan buaya? Anda bisa memberi makan buaya dengan membeli ayam seharga Rp 10 ribu untuk umpan buaya.


3. Hutan Lindung Sungai Wain
foto: klikbalikpapan.co

Wisata yang selajutnya adala Hutan Lindung Sungai Wain, disini tentunya kalian bisa melihat langsung maskot kota Balikpapan yaitu Beruang Madu. Kalau biasanya kalain hanya bisa melihat hewan-hewan langka seperti ini di acara TV seperti BBC, National Geographic dll disini banhkan kalian bisa berinteraksi langsung dengan Beruang madu yang sudah jinak. Hutan Lindung Sungai Wain ini menjadi rumah bagi beraneka macam satwa seperti orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan yang bernama Jahe Balikpapan. Luas hutan hujan tropis ini sekitar 10.000 Ha. Hutan ini ada di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda. Jika anda tertarik untuk menikmati keindahan flora dan fauna hutan ini, anda dapat mengambil 4 pilihan paket kunjungan. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp 350 ribu rupiah untuk Paket A (1-6 tamu).

4. Pantai Lamaru
foto: https://upload.wikimedia.org

Balikpapan juga menyimpan pesona wisata pantai yang memukau, salah satunya adalah pantai Lamaru. kalian bisa mangajak keluarga untuk bersenang-senang di pantai ini, ataupun berfoto-foto ria. Wisata pantai ini termasuk wisata yang murah, kalian hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.2.000/orang. 
jadi, jangan lupa berkunjung ke pantai Lamaru jika kalian sedang berwisata di Kalimantan Timur.

5. Hutan Bakau Margomulyo
foto:  darahgaruda.com

Wisata hutan bakau/mangrove ini sangat sayang untuk kalian lewatkan, karena disini kalian akan disuguhkan oleh pesona alam yang masih terjaga ala hutan Kalimantan. pepohonan yang masih sangat padat, rindang dan hijau, di kawasan hutan bakau ini menjadi habitat beberapa satwa khususnya burung. dan, yang paling asyik ketika kalian mengunjungi wisata hutan baku ini kalian idak akan dikenakan biaya masik untuk membeli tiket, alias gratiss tis. dan sekedar tips jika kalian berkunjung ke sini bawalah kamera DSLR dengan lensa panjang, agar bisa mengambil gambar dari jarak yang jauh, tentunya kalian tak ingin melewatkan moment-moment yang menarik yang tak bisa kalian jumpai seperti di gutan pulau Jawa.

6. Caribbean Island Waterpark
foto: .wisataku.id

Jika kalia bosan berwisata ke tempat yang jauh-jauh dan menguras tenaga, tenang saja, di Balikpapan juga tersedia wisata taman air atau water park, Caribbean Island Waterpark berada  di jalan Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) Balikpapan. Selain dapat bermain dengan air sepuasnya ada juga wahana pertunjukan air di panggung terbuka dan flying fox. Untuk masuknya tidaklah mahal, anda hanya harus membayar Rp 45 ribu per orang (umum) atau Rp 25 ribu per orang untuk pelajar. Di akhir pekan, harga tiket masuk berlaku sama untuk semua tingkatan umur yaitu Rp 60 ribu per orang.


7. Kampung Atas Air Margasari
foto: http://3.bp.blogspot.com

Yang terakhir adalah kampung atas air Margasari, wisata yang seperti ini termasuk jarang ditemukan terutama yang yang dijadika sebagai tempat wisata secara umum untuk wistawan. nah di Balikpapan ada wahana kampung atas air. Pemerintah setempat membuat kampung atas air Margasari. Di kampung ini kalian dapat menikmati suasana kampung yang mengapung, mirip dengan yang ada di Venice, Eropa. Pengunjung dapat megelilingi kampung ini dan berinteraksi dengan warga kampung. Selain itu juga dapat memancing.

2 Responses to "7 Tempat Wisata di Balikpapan Yang Murah Untuk Dikunjungi 2016"

  1. bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    ReplyDelete
  2. Ayo pasang jagoanmu disini www(dot)updatebetting(dot)co
    Info lanjut 7ACD8560

    ReplyDelete

Trending Posts