Mengingat Permainan Waktu Kecil, Sungguh Menyenangkan

Hidup anak era 90an! Gak terasa sekarang sudah 2016. Yang sebagian besar anak era 90an sekarang berkutat dengan perangkat-prangkat seperti smartphone, ultrabook atau PS 4 untuk bermain. 

Sejenak kalau kita flashback sewaktu kita bermain mainan itu semua bersama teman-teman di masa kecil, betapa ternyata kita lebih bahagia dibandingkan anak-anak di era 2000an. Tamagochi, yoyo, gasing, dan semua permainan-permainan yang lebih menonjolkan kebersamaan yang erat, memaksimalkan kemampuan sensori-motorik, mengasah otak kanan dan kiri serta melatih kejujuran dalam bermain. Yang pada masa anak-anak di era ini terlihat menurunkan nilai-nilai seperti moral, budaya dan agama. Belum lagi, kalau dapat game yang susah sedikit saja, langsung main chat, tanpa mau berusaha keras dulu. 

Nostalgia masa kecil kalau dilihat lihat lagi, benar-benar indah sekali. Seperti permainan-pemainan berikut ini yang sering kita lakukan.

1. Meriam dari Bambu
Foto : Klikhotel.com
Meriam ini sering disebut dengan nama Baraccung (Mercon Bambu) yang terbuat dari bambu besar dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah. Pada masa itu harga minyak tanah masih merajalela. Sehingga sering sekali membeli minyak tanah hanya sebotol akqua kecil saja demi untuk bermain bersama teman-teman. Tapi pada saat tidak bisa membeli, nah... disini yang sering terjadi masalah, karena solusi satu-satunya adalah dengan mengambil sedikit persediaan yang ada di rumah dan akibatnya kena omelan dari orang tua.

2. Gasing
Foto : flickr.com
Dulu gasing masih terbuat dari kayu tidak seperti yang sekarang terbuat dari plastik. Untuk cara bermain gasing ini yaitu dengan menggulung bagian kepala gasing dengan tali dan ditaik dengan kencang kemudian dilepaskan di atas permukaan datar. Kemudian bertarung adu tahan lama dengan punya lawan, siapa yang paling lama berputar maka dialah pemenangnya. Dan biasanya syang kalah dihukum dengan menggendong lawannya, asyiik kan !

3. Layang-layang 
Foto : bahaypedia.com
Pasti masa kecil kamu bahagia sewaktu bermain layangan di masa kecil. Layang-layang adalah sebuah benda tipis yang diterbangkan ke udara kemudian dihubungkan dengan tali atau benang kepada pengemudinya. Layang-layang ini tidak dapat terbang ke udara tanpa adanya bantuan hembusan angin yang memancingnya untuk terbang. 

4. Gamewatch/gamebot/gimbot
Foto : galam.co
Permainan yang satu ini sering di mainkan oleh anak-anak sekolah dasar pada jam-jam istirahat. Permainan ini merupakan salah satu permainan yang paling canggih pada masanya. Pada waktu itu banyak sekali yang menyewakan permainan ini karena harga yang cukup mahal sehingga tidak semua anak-anak memilikinya. Dengan menyewakannya anak-anak cukup membayar Rp 50 hingga Rp 100 selama 5 menit.

5. Kelereng 
Foto : duniaku.net
Pasti tahu lah yah permainan yang satu ini ? Kelereng atau gundu masih banyak dimainkan anak-anak hingga saat ini. Adapun cara bermainanya dengan menembakkan atau mengenai kelereng kamu ke arah  kelereng lawan. Jika kelereng yang kamu tembakkan mengenai kelereng lawan maka kelereng tersebut akan menjadi milik kamu.

Itulah jenis-jenis permainan yang ada di era 90an yang kini sebagian sudah menghilang. Dan masih banyak lagi sebenarnya permainan-permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak jaman dulu selain permainan yang sudah disebutkan diatas.

2 Responses to "Mengingat Permainan Waktu Kecil, Sungguh Menyenangkan"

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    www.dewapk.com

    ReplyDelete
  2. Update Betting aman dan terpercaya!
    Segera daftar.

    ReplyDelete

Trending Posts