Sejarah Candi Bahal di Pesisir Timur Sumatra Utara

Tahukah kamu, ternyata banyak sekali candi-candi yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahuimulai candi paling terkenal di Indonesia yaitu, Candi Borobudur dan Candi Perambana. 

Selain itu masih banyak candi-candi yang terletak di berbagai tempat di Indonesia ini yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya dan salah satunya adalah candi yang berada di pesisir timur Sumatra Utara ini.

Candi Bahal I
Candi Bahal, Biaro Bahal, atau Candi Portibi merupakan kompleks candi Buddah aliran Vajrayana yang terletak di desa bahal, kec. Padang Bolak, Portibi, kab. Padang Lawas, Sumatra Utara. Candi ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Padangsidempuan atau sekitaran 400 km dari Pusat Kota Medan. Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa di pesisir timur Sumatera Utara terdapat banyak bangunan candi Buddha dan Hindu.

Candi Bahal II
Pendiri dari Candi Bahal ini adalah seorang Raja Rajendra Cola yang menjadi Raja Tamil Hindu Siwa, di India Selatan yang diduga sudah berdiri selama ribuan tahun lalu. Keunikan dari Kerajaan Portibi ini adalah dari nama "Portibi" yang di ambil, Portibi dalam bahasa Batak artinya "dunia" atau "bumi". Para ahli peneliti mengatakan bahwa candi ini berkaitan dengan keberadaan Kerajaan Pannai karena merupakan sebagai daerah yang dikuasai oleh Sriwijaya.

Candi Bahal III
Candi Bahal ini disebut dengan Biaro oleh masyarakatnya dikarenakan salah satu kompleks candi yang terluas di provinsi Sumatera Utara, dimana arealnya melingkupi kompleks Candi Bahal I, Candi Bahal II, dan Candi Bahal III.

Bangunan utamanya yaitu Candi Bahal I yang merupakan candi terbesar dibandingkan dengan bangunan Candi Bahal II dan III. Bangunan ini terdiri dari susunan  tatakan, kaki, tubuh dan bagian atap. Tatakan yang berdenah dasar bujur sangkar ini memiliki luas sekitar 7 m² dan dengan ketinggian  sekitar 180 cm. Dimana di setiap kompleks candi tersebut terdapat  bangunan utama terletak di tengah halaman dengan pintu masuk yang menghadap arah gerbang masuk.

Jadi jika Anda sedang berada di Tapanuli, cobalah untuk menuju ke Padang Lawas, karena masih banyak para traveler yang belum mengetahui tentang candi tersebut, candi ini banyak mengandung unsur sejarah yang sangat tinggi. Sangat recomended bagi Anda yang yang ingin menggalih tentang sejah.

Semoga bermanfaat, Jangan lupa share ke teman-temanya ya biar makin banyak yang tahu.

2 Responses to "Sejarah Candi Bahal di Pesisir Timur Sumatra Utara"

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
    ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

    ReplyDelete
  2. Ayo pasang jagoanmu disini www(dot)updatebetting(dot)co
    Info lanjut 7ACD8560

    ReplyDelete

Trending Posts