Tempat Wisata di Samarinda, Kalimantan Timur 2016

Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia, lebih terkenal dengan sebutan pulau bornoe. pulau ini terletak sebelah barat pulau sulawesi, karna keindahan alamnya yang begitu mempesona, kalimantan sering dijadikan sebagai pilihan tempat wisata diluar dari pulau jawa. namun kali ini kami hanya akan me review wisata-wisata yang terdapat di kalimantan timur dulu saja, soalnya kalo seluruh kalimantan langsung di review nanti kalian yang bosen bacanya kepanjangan. 
oke, langsung saja kita lihat rangkumannya

1. Pulau Kakaban
foto: http://penulispro.com

Yang pertama adalah wisata pulau kakaban, mempunyai luas 774,2 hektar terletak di kepulauan derawan, kecamatan derawan, kabupaten berau. pulau kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu danau kakaban. yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia, selain danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di kepulauan palau, mikronesia. di danau kakaban dapat di temukan jenis ubur-ubur yang tidak menyengat, diperkirakan ribuan tahun yang lalu ubur-ubur tersebut terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis di mana hampir tidak ada hewan lain mampu melakukannya, ada empat jenis ubur ubur di danau Kakaban antara lain golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. dinisi kalian bisa merasakan keindahan pesona syurga danau kakaban dengan ber snorkling, menyelam atau melihatnya dari permukaan air saja.


2. Kota Samarinda
foto: http://img.bisnis.com

Samarinda merupakan ibukota dari provinsi kalimantan timur, bagi kalian yang mungkin bosan berwisata alam, kalian harus dan wajib berkunjung ke kota samarinda saat kalin berwisata di kalimantan timur. kota samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah sota samarinda, yang menjadi "gerbang" menuju pedalaman kalimantan timur. tota ini memiliki luas wilayah 718 kilometer persegi.

3. Bukit Bangkirai
foto: http://www.getborneo.com

Kawasan wisata bukit bangkirai berlokasi di jalan samarinda-balikpapan Km 38. untuk mencapai lokasi ini ± 20 km masuk kearah jalan samboja-petung. dari balikpapan, kawasan ini berjarak tempuh 90 menit ± 58 km, sedangkan dari tenggarong dan samarinda ± berjarak 150 km. kawasan wisata bukit bangkirai merupakan obyek wisata petualang yang berada dalam kawasan hutan primer dan merupakan bagian dari kawasan hutan hujan tropis yang dikelola oleh PT.Inhutani. selain suasana pemandangan hutan yang alami dengan berbagai flora dan faunanya, bukit bangkirai terkenal dengan jembatan gantungnya yag indah dan strategis dan sering dijadikan sebagai spot pemantauan hewan-hewan disekitar lokasi.


4. Penangkaran Buaya Teritip
foto: http://www.padusi.com

Ada wisata yang unik jika kalian berkunjung ke kota balikpapan kalimantan timur, yaitu salah satunya penangkaran buaya tritip, mayoritas buaya yang ditangkarkan disini adalah buaya muara. jumlah buaya yang ada di penangkaran ini sebanyak 3.000 ekor yang terdiri atas jenis: buaya muara, buaya supit dan buaya air tawar. tempat wisata ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00-17.00. lokasinya sekitar 27 km dari pusat kota balikpapan.


5. Pantai Kemala
foto: http://cdn-2.tstatic.net

Jika kalian  masih berada di balikpapan jangan lewatkan untuk berkunjung ke pantai kemala, pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, selain sering dikunjungi oleh wisatawan lokal, pantai kemala juga ramai dikunjungi wisatawan asing. kalian bisa bersantai atau bermain wahana jet ski disini.

6. Planetarium Jagad Raya
foto: travelmatekamu.com

Selanjutnya adalah wisata planetarium jagat raya di kota tenggarong, kutai kertanegara. tempat ini mirip seperti museum yang memberikan wawasan tentang perbintangan, tata surya dan alam semesta. planetarium ini sangat cocok bangi kalian yang mencari wisata yang memiliki unsur pendidikan. jadi kalian bisa lebih banyak tau kalo sudah datang kesini.


7. Pulau Parai Kumala
foto: google.com

Pulau kumala merupakan wisata buatan di tengah sungai mahakam yang berhasil disulap dari sebuah pulau yang terdiri dari semak belukar menjadi obyek wisata andalan tenggarong saat ini. di pulau ini kalian bisa melihat seluruh pulau dan sekitarnya dengan menaiki gondola.

0 Response to "Tempat Wisata di Samarinda, Kalimantan Timur 2016"

Post a Comment

Trending Posts