Ini 7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Mana Saja Yang Pernah Kamu Daki?

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Dengan luas sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa seluruhnya, provinsi yang memiliki gunung tertinggi ke dua di pulau jawa yaitu gunung Slamet atau yang pertama di jawa tengah. dan memiliki gunung yang sangat berbahaya di dunia yaitu gunung merapi, dan bukan hanya itu saja, jawa tengah menyimpan potensi bentang alamnya yang indah meliputi pantai, air terjun, hutan pinus, danau dan masih banyak lagi. Dalam pendakian tentunya kita sudah tak asing lagi dengan istilah Seven Summits kah?, baik kali ini PecintaAlam.org akan akan membahas tujuh puncak tertinggi di Jawa Tengah.

Baca Juga : 7 Gunung Tertinggi Di Indonesia (Seven Summits Indonesia)

Berikut adalah daftar tujuh puncak tertinggi di Jawa Tengah :

1. Gunung Slamet Memiliki Ketinggian 3.428 MDPL (11.247 kaki)


Gunung slamet merupakan sebuah gunung yang terletak di 5 kabupaten, diantaranya yaitu kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas,Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Tegal. Gunung Slamet Memiliki Ketinggian 3.428 MDPL (11.247 kaki) yang menjadikan gunung slamet ini menjadi gunung tertinggi di jawa tengah, dan gunung tertinggi ke dua di pulau jawa setelah gunung semeru,

Gunung Slamet dapat didaki melalui 3 jalur pendakian, jalur pendakian sebelah Barat yaitu Kaliwadas, jalur pendakian sebelah selatan Batu Raden dan lewat jalur sebelah timur Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut yang terdekat adalah lewat Bambangan, selain pemandangannya indah juga banyaknya kera liar yang dapat ditemui dalam perjalanan menuju ke puncak slamet.

2. Gunung Sumbing Memiliki ketinggian 3.371 MDPL
Gunung Sumbing via Google
Gunung Sumbing merupakan gunung api yang terdapat di Jawa tengah yang menjadi gunung tertinggi kedua ini berdiri tegak setinggi 3.371 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang, dan terakhir meletus pada tahun 1730 lalu,

Gunung ini bisa dibilang gunung kembar dengan gunung sindoro, karena berdiri saling berdampingan tegak, Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro merupakan jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung, magelang dan kota Wonosobo . Jalan ini biasa dijuluki sebagai ""Kledung Pass".


Gunung sumbing memiliki 4 jalur pendakian, ke 4 Jalur pendakian itu antara lainnya Jalur Garung,Jalur Cepit Parakan,Jalur Bowongso, dan Jalur Mangli yang populer yakni jalur garung.



Baca Juga : 7 Gunung Tertinggi Di Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Daki

3. Gunung lawu memiliki ketinggian 3.265 Mdpl

Gunung Lawu
kami memasukan gunung lawu ke daftar gunung tertinggi di jawa tengah, karena masih masuk sebagian gunung ke provinsi jawa tengah, yang berbatasan langsung oleh provinsi jawa timur. gunung ini tepatnya terletak di kabupaten Karanganyar, masuk provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, masuk ke provinsi Jawa Timur.

Gunung ini menjadikan gunung yang tertinggi di jawa tengah nomor 3 karena memiliki ketingian 3.265 MDPL dan Posisi ke-76 gunung tertinggi di dunia, gunung ini sudah lama tidak aktif diperkirakan terahkir meletus pada 28 November 1885 lalu. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi yang terkenal yakni hargo dumilah

4. Gunung Sindoro Memiliki ketinggian 3.150 Mdpl



Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro dengan ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut yang merupakan sebuah gunung volkano aktif terletak di Jawa Tengah, Indonesia,Temanggung merupakan kota terdekat. Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. dan menjadi adek gunung sumbing, 



jalur pendakian populer yaitu jalur kledung yang terletak di di Jalan Walisongo I, RT: 8 RW : Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. 

5. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 Mdpl

gunung ini merupakan gunung yang tertiggi ke 5, tergolong gunung yang tidak aktif. gunung yang Secara administratif berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.


6. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 Mdpl


Gunung ini terletak di jawa tengah dan menjadi gunung yang tertinggi ke 6 versi pecinta alam, Lereng sisi selatan berada di Kabupaten Sleman Jogja, dan selain itu di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kab.Magelang di sisi barat, Kab. Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kab. Klaten di sisi tenggara, gunung merapi menjadi gunung teraktif di indonesia dan merupakan gunung yang sangat berbahaya di dunia, terakhir meletus pada tahun 2010

7. Gunung prau memiliki ketinggian 2.565 Mdpl 


Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. gunung ini merupakan gunung yang tertinggi ke 7 di jawa tengah yang memiliki pemandangan sunrise yang sangat keren dengan latar belakang gunung sindoro sumbing, pendakiannya tidak memerlukan waktu yang lama, hanya 2 jam normalnya langsung bisa menikmati pemandangan yang sangat keren.

Baca Juga : 9 Gunung Berapi Tertinggi Di Indonesia

1 Response to "Ini 7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Mana Saja Yang Pernah Kamu Daki?"

  1. Proses cepat aman dan terpercaya hanya disini Upd4te Bett1ng (7ACD8560)

    ReplyDelete

Trending Posts