Indonesian Food Recipes, Macam-Macam Sambal Nusantara

Sambal merupakan salah satu unsur yang khas dalam hidangan Nusantara, orang Indonesia memang agak ribet kalo soal makanan, banyak orang bilang kalau makan tanpa ada sambal, terasa ada yang kurang dan jadi tak seenak biasanya. Sambal yang mayoritas komposisinya terbuat oleh cabai dan beberapa campuran rempah ini memiliki sensasi pedas dan gurih. Pasti kamu punya sambel kesukaan masing-masing, karena tiap macam-macam sambel punya komposisi dan cara pembuatannya yang berbeda-beda.

Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan dan tradisi masing sehingga tak heran jika masalah konsumsi juga berbeda-beda dengan daerah lainnya, termasuk juga soal sambal ini, ada beberapa sambal khas sambal daerah yang terkenal dan menjadi ikon kuliner di daerah tersebut.

Berikut adalah macam-macam sambal yang terkenal di beberapa daerah di Indonesia.

1. Sambal Lado
foto: http://www.garnesia.com

Kali ini kita serius membahas tentang sambal, bukan lagu "Sambalado" nya Ayu Ting Ting yang lagi nge-hits itu. Sambal lado adalah sambah khas asal Sumatra Barat, Minang Kabau. Kalian yang bukan orang Minang juga pasti sudah gak asing lagi sama Sambal Lado kan? soalnya tiap kalian makan di rumah makan padang juga pasti terdapat sambal lado yang fenomenal ini. Sambal ini terbuat dari beberapa bahan, yaitu bawang putih, bawang merah, bawang bombay, tomat, garam dan jeruk nipis.

2. Sambal Dabu-Dabu
foto: http://enakskali.co

Jika kamu orang Manado, sudah pasti tak asing lagi sama sambal dabu-dabu, sambal dabu-dabu terkenal sebagai pelengkap sajian laut khususnya ikan cakalang asap, ikan cakalang adalah ikan tongkol atau lebih di kenal skip jack tuna dalam dunia pemancingan, ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih, sangat cocok dihidangkan bersama sambal dabu-dabu khas Manado. Sambal dabu-dabu terbuat dari bahan-bahan yang fresh tanpa di panggang atau digoreng terlebih dahulu seperti sambal lainnya, paduan cita rasa pedas gurih dan segar bersatu dalam sambal ini.

3. Sambal Bajak
foto: https://40.media.tumblr.com

Sambal bajak merupakan sambal khas Jawa Tengah, memiliki cita rasa yang terlalu pedas malah cendrung manis, penamkan sambal bajak mirip seperti sambal terasi yang bertekstur lembek seperti bubur. Kalau kamu pernah makan di warteg atau warung tegal pasti bisa menemukan sambal bajak ini, jangan ragu untuk mencoba sambal ini, karena menurut orang-orang, sambal ini memiki efek samping yaitu membuat penikmatnya merasa ketagihan dan pengen makan lagi.

4. Sambal Matah
foto: http://cdn.klimg.com

Adat dan kebudayaan Bali memang sangat kaya, hal ini juga berpengaruh kepada masalah konsumsinya juga, dan sambal matah ini lah salah satu hasil dari sambal khas nusantara yang tercipta dari keanekaragaman dan kreatif masyaraka bali tentang kuliner. Sambal matah sangat cocok dihidangkan bersama ayam bakar khas bali yaitu ayam betutu. jangan lewatkan kesempatan mencicipi sambal matah dan ayam betutu jika kamu berkunjung ke bali.

5. Sambal Tuktuk
foto: http://dapur-kreatif.com

Sambal tuktuk ini adalah sambal khas  batak, sambal ini biasa dihidangkan untuk pelengkap makan nasi,  asal dari sambal tuktuk adalah dari Tapanuli. Bahan-bahan untuk membuat sambal tuktuk ini tidak berbeda dengan bahan sambal-sambal dari daerah lain di Indonesia, bedanya hanya terdapat campuran andaliman dalam sambal tuktuk. Di daerah asalnya tapanuli, sambal tuktuk biasa dicampur dengan ikan aso-aso atau (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan), namun bisa juga digantikan dengan ikan teri atau ikan asin.

2 Responses to "Indonesian Food Recipes, Macam-Macam Sambal Nusantara"

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    www.dewapk.com

    ReplyDelete
  2. admin...numpang promo yah :)
    cuma disini tempatnya game online proses mudah,cepat dan terjamin,di add yuk 7acd8560

    ReplyDelete

Trending Posts