Cara Menguatkan Kemampuan Otak dengan Kebiasaan ini

Banyak sekali diantara kita yang masih muda dan suka lupa. Nah, ini dia 6 kebiasaan yang dapat membantu anda untuk mempertajam daya ingat. Mengingat sesuatu itu sangatlah penting. Karena jika tidak, maka sesuatu yang tidak diinginkan bisa saja terjadi seperti lupa sama nama sendiri” 


Kemampuan untuk mengingat adalah kemampuan terpenting dalam kecerdasan otak, seperti yang telah dituturkan oleh Deasy Harianti, bahwa faktor terpenting yang dapat mempengaruhi kesuksesan sesorang dalam belajar, bekerja, dan berkompetisi adalah faktor daya ingat. Bila daya ingat lemah maka kesuksesan pun akan terhambat. Sebaliknya, semua kegiatan yang dilakukan dalam proses menuju kesuksesan akan terasa ringan dengan dan mudah dengan ingatan yang kuat.  

Rahasia besar orang-orang yang memiliki daya ingat yang tinggi terletak pada kemampuan otaknya dalam menajamkan daya ingatnya.  

Inilah enam kebiasaan yang dapat meningkatkan daya ingat :

1. Membayangkan gambar dalam fikiran
Membayangkan gambar dalam fikiran merupakan salah satu cara sederhana yang dapat anda lakukan sebagai bentuk visualisasi dari apa yang ingin anda ingat.Misalnya, ketika anda membayangkan objek “kubus”  dalam fikiran anda,  disisi lain anda akan berusaha untuk memahami karakteristik dari “kubus” tersebut. Sehingga anda akan lebih mudah memahami jika anda mengingat kubus tersebut dengan membayangkan gambar kubus dalam fikiran anda. Cara ini juga disebut dengan “imagery visual”.

2. Mengkonsumsi makanan  dan minuman yang sehat dan bergizi
Selain untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh, engkonsumsi makanan sehat dan bergizi juga sangat penting untuk meningkatkan daya ingat. Makanan-makanan berikut yang dapat menunjang kecerdasan otak seperti;
- Ikan yang mengandung banyak lemak
- Cokelat murni
- Apukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian
- Sayuran yang memiliki empat kelopak bunga seperti brokoli, kubis, kembang kol, dll.
- Kurkumin (jahe, kunyit, temulawak, dll)
- Beras merah
- Air putih
- Buah Beri (buah ini mengandung polifenol yang mengaktifkan mekanisme pembersihan alami pada otak)
- Kafein alami yang terdapat pada biji kopi, biji coklat, dan daun teh.

3. Menggunakan pendekatan multimodel
Pendekatan multimodel yang dimaksud yaitu dengan memperhatikan lingkungan sekitar yang nyaman, menjaga kondisi fisik, dan suasanya yang kondusif serta bekerja tanpa tekanan bermodalkan niat ikhlas dan sadar diri.  Pendekatan multimodel ini pada dasarnya melibatkan aspek-aspek emosional, hal ini dikarenakan daya ingat juga dipengaruhi oleh kondisi mental. 

4. Menstrukturkan informasi 
Dengan cara berantai, berurutan, teratur, berdasarkan sub-sub bagian dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Dengan informasi yang berantai dengan kerangka-kerangka yang berurutan dan sistematis, dapat memudahkan anda untuk mengingat lebih cepat dibandingkan informasi yang tidak sistematis. 

5. Mengingat dengan mencari perantara
Mencari perantara dalam mengingat ini biasanya mengaitkan suatu objek dengan objek yang yang memiliki kemiripan. Atau dengan menggunakan singkatan singkatan familiar yang memudahkan untuk mengingat. Cara ini tentunya dapat membantu anda untuk mengingat lebih mudah. 

Contoh: Pada pelajaran kimia untuk mengahafalkan tabel periodik. Golongan IA.  Dimana pada golongan I A ( H,Li,Na K, Rb, Cs, Fr) maka disingkat dengan kalimat HaLiNa Kawin Robi Cees Frustasi). Lebih gampang bukan?.

6. Mengingat dengan menggunakan simbol
Untuk memudahkan mengingat sesuatu juga dapat dilakukan dengan menggunakan simbol. Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai simbol seperti angka, huruf, maupun gambar. Sebagai contoh untuk mengingat Kota Mekah, anda dapat menggunakan dengan menggunakan simbol gambar Ka’bah. Hal ini dikarenakan di kota mekkah terkenal dengan keberadaan ka’bah.  

Contoh lain untuk mengingat suatu pasar maka dapat disimbolkan dengan menggunakan gambar barang yang diperdagangkan yang menjadi ciri khas dari pasar itu,misalnya sayur, kambing, sapi, dll.

 Semoga bermanfaat, selamat  belajar.

by : Rukiyya Sri Rayati Harahap

2 Responses to "Cara Menguatkan Kemampuan Otak dengan Kebiasaan ini"

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    www.dewapk.com

    ReplyDelete
  2. admin...numpang promo yah :)
    cuma disini tempatnya game online proses mudah,cepat dan terjamin,di add yuk 7acd8560

    ReplyDelete

Trending Posts