Universitas Swasta di Jogja Yang Terbaik

Buat kalian yang bingung memilih universitas terbaik, terutama jika kalian adalah siswa SMA/SMU ataupun Madrasah Aliyah (MA) kelas tiga, kalian akan dihadapkan beberapa pilihan antara lanjut ke jenjang berikutnya (kuliah), kerja, atau nganggur barangkali hehe.. Sebab itu kali ini kita akan membahas tentang universitas yang ada di Jogja. Tidak dipungkiri lagi, jika kalian mendengar nama Jogja, maka universitas terbaiknya adalah UGM (Universitas Gajah Mada), namun kali ini kita tidak akan membahas universitas tersebut, yang kita bahas adalah universitas swasta yang yang ada di Jogja. Terkadang kita berfikiran bahwa unversitas negri lebih baik ketimbang universitas swasta, namun jika melihat profil dari universitas tersebut maka kita baru bisa mengetahui yang sebenarnya bahwa universitas swasta tidak kalah berprestasi dibandingkan dengan yang negri. 
apa saja universitas yang swasta yang terbaik di jogja? 


1. Universitas Islam Indonesia (UII)
foto: http://www.qwerty.co.id

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang pertama adalah UII, UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M. Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kampus Terpadu terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5  Dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) maupun Webometrics pada Januari 2012 menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional. Selain itu, pada tahun 2009 UII terpilih sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Pada tahun 2013, berdasarkan SK BAN-PT No. 065/SK/BAN-PT/AK-IV/PT/II/2013 UII berhasil meraih akreditasi institusi dengan nilai 'A', tertinggi di antara PTS seluruh Indonesia. 


2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
foto: http://uad.ac.id

PTS yang selanjutnya adalah Universitas Ahmad Dahlan, Universitas ini memang lagi naik daun, pada tahun 2015 bisa mencapai ranking 27 di Indonesia dan rangking ke 4 di jogja setelah, UGM, UNY, dan UII. 
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
foto: http://hoteldekatkampus.com

bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih serius atau kuliah, di jogja tak hanya menawarkan peguruan tinggi negri, banyak peguruan tinggi swasta yang menawarkan pendidikan yang berkualitas, salah satunya  adlah UMY ini. UMY juga tak kalah terkenal di banding PTN yang ada di Jogja, UMY telah melahirkan banyak mahasiswa yang telah mengharumkan nama almamater. Salah satunya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice UMY yang berhasil meraih penghargaan di tingkat internasional. Penghargaan yang diraihnya tersebut berupa medali emas dan medali perak dalam laga Festival Paduan Suara Internasional 8th Grand Pix Pattaya di Thailand, pada 21 hingga 25 Juli yang lalu. "muda mendunia" adalah selogan dari UMY

4. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom (STMIK Amikom)
foto: http://southcurve.com

"Tempat Kuliah Orang Berdasi" adalah slogan dari kamus ini. namun jangan remehkan prestasinya, Amikom telah babnyak mencetak generasi penerus yang membanggakan Indonesia, khususnya dalam bidang IT, maka buat kalian yang menyukai IT, komputer atau bahkan cartun dan game, Amikon adalah jawabannya. jangan ragu-ragu lagi daftar ke Amikom. kampus utamanya terletak di Ring Road Utara, Condong Catur dengan 9 ruang kuliah, 1 pelayanan akademik, 1 ruang perpustakaan dari gedung sebanyak 2 lantai (semua pelayanan akademik telah dipindahkan di kampus terpadu ini, kecuali pelayanan beberapa lab komputer dan internet yang masih terdapat di Kampus II jalan Kaliurang km 5,6 Yogyakarta.

5. Universitas Atma Jaya
foto: http://pmb.uajy.ac.id

Universitas Atma Jaya Yogyakarta, didirikan 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi. Awalnya sebagai cabang Universitas Atma Jaya Jakarta, kemudian memisahkan dan menjadi independen di bawah Yayasan Slamet Rijadi pada tanggal 31 Agustus 1973. Dimulai dengan meminjam ruang kelas di IKIP Sanata Dharma, kini Universitas Sanata Dharma, pembangunan gedung kampus sendiri selesai pada tahun 1980 yang berlokasi di Jalan Demangan Baru 28, berseberangan dengan Universitas Sanata Dharma. Dengan semakin berkembangnya jumlah mahasiswa, pada tahun 1990 bertepatan dengan pesta peraknya, rektorat dan Fakultas Teknik menempati gedung baru di Jalan Babarsari. Pada tahun 1995, Fakultas Ekonomi dan Program Magister juga menempati gedung baru, di seberang gedung rektorat, juga di Jalan Babarsari Yogyakarta.




1 Response to "Universitas Swasta di Jogja Yang Terbaik"

  1. Upd4te Bett1ng agen jud1 b0la terpercaya di 1ndonesia
    buruan daftar..

    ReplyDelete

Trending Posts