Hidetsus Yagi, Sang Penemu Antena Televisi Dan Radio

Info terbaru hari ini Google Doodle mengangkat pembicaraan tentang sejarah tokoh yang terkenal, yaitu penemu antena Televisi dan Radio. Bertepatan dengan hari ini adalah hari ulang tahunnya yang ke-130. Siapakah sosok ini? Dia adalah Hidetsus Yagi atau lebih dikenal dengan Hidesubs Yagi, lahir pada tanggal 28 Januari 1886 ini, bersama rekannya Shintaro Uda dan Kinjiro Okabe meningkatkan teknologi antena Yagi.
foto: http://www.szaktudas.com
Penemuan Hidetsus Yagi mengenai antena telah mendapat hak paten dari Jepang pada tahun 1926 dan hak paten dari Amerika didapat pada tanggal 24 Mei 1932, yang saat ini telah digunakan di jutaan tempat tinggal di seluruh dunia untuk penerimaan televisi dan radio. Hidetsus Yagi bersama kedua rakannya menemukan satu buah antena yang dapat melakukan perbaikan arah pancaran (directivity), yaitu dengan cara menambahkan parasitic element pada antena Dipole, yang berbentuk Reflector serta Director. Dengan demikian, forward gain akan bertambah tajam serta Front to Back Ratio juga bertambah.
 
Berkat keahliannya, Hidetsus Yagi pun mendapatkan beberapa penghargaan di bidang teknologi yang juga bekerja sebagai direktur di Universitas Jepang yang terkemuka. Penghargaan tersebut diantaranya adalah Blue Ribbon Award tahun 1951, Order of Merit Budaya tahun 1956 serta Asahi Award dari kelas pertama tahun 1976.  Ia menjabat sebagai Direktur Jenderal Institut Teknologi pada tahun 1944 serta menjabat sebagai Direktur Jeneral Osaka Imperial University pada tahun 1946. Hidetsus Yagi tutup usia pada tanggal 19 Januari 1976.
foto: http://www.hamradioschool.com
Beberapa dari kita mungkin ada yang belum mengetahui bahwa antena yang digunakan oleh jutaan orang saat ini adalah antena Hidetsus Yagi bersama kedua rekannya. Dengan arah yang tepat dan benar, antena akan menerima sinyal yang akan mengubungkan kita dengan dunia luar dan mendapatkan beberapa informasi. 

3 Responses to "Hidetsus Yagi, Sang Penemu Antena Televisi Dan Radio"

  1. mari bergabung dengan kami di
    F|A|N|S|P|O|K|E|R jangan lupa untuk di add ya pin bb 55F97BD0 ^^

    ReplyDelete
  2. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    www.dewapk.com

    ReplyDelete
  3. Update Betting agen jud1 b0la terpercaya di 1ndonesia
    buruan daftar..

    ReplyDelete

Trending Posts