Apakah Negara Indonesia Adil atau Tidak Tentang Keistimewaan ?

Kenapa Wilayah Jogja di istimewakan negara Indonesia ?
Kenapa Wilayah Aceh itu di istimewakan oleh Indonesia ?
Dan kenapa Wilayah Papua di Istimewakan JUGA oleh Indonesia ?

Yang menjadi pertanyaan besar adalah ... 
Bagaimana dengan Wilayah-Wilayah yang lain yang TIDAK memiliki Keistimewan? Mungkin memiliki keistimewaan, tapi keistimewaanya lebih pada keistimewaan yang didapatkan wilayah yang disebutkan diatas.
Mungkin pengkajian seperti ini mengandung kontroversi, Namun yang kita lihat bukan lah kontroversinya di dalam setiap perbedaan seperti pertanyaan di atas, tapi bagaimana kita lebih mendalami dan lebih melihat pada keadilan sebagaimana dalam teori bangsa itu sendiri, sebab negara Indonesia adalah negara yang memiliki kebangasaan.

Tulisan ini bukanlah untuk mengadu dombakan terhadap wilayah-wilayah yang lain, tapi tulisan ini lebih menyadarkan kita dalam melihat prospektif ke negaraan, dan bagaimana kita melihat suatu kesatuan sebagai bangsa dan negara yang mengandung keadilan.

Teringat suatu perdebatan di salah satu ruangan perpustakaan, disitu ada orang lawan perdebatan. mereka adalah orang yang berasal dari kota keistimewaan seperti pertanyaan di atas. Mereka beralasan bahwa, keistimewaan kota yang mereka dapatkan berasal dari penghargaan negara Indonesia yang dimana katanya "lebih lama perjuangan wilayahnya pada masa kemerdekaan".

Namun yang menjadi persoalan adalah... 
Mungkin kita berdiri di atas sejarah, tapi perlu di ingat juga bahwa, kita masing-masing wilayah mempunyai sejarah tersendiri pada masa penjajahan, tapi kita tidak mungkin kembali pada masa penjajahan. 

Alur pemikiran ini lebih mengajak kita untuk bagaimana negara ini melihat keadilan, pemerataan, dan tidak membeda-bedakan wilayah satu dengan wilayah yang lain, sebagai mana bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki sistem satu kesatuan, yang berdiri di atas kemerdekaan republik Indonesia.

Adapun tulisan ini, yang menurut pembaca adalah kontroversi maka saya minta maaf, tapi kalau seandainya kalau kita lebih berfikiran jernih terhadap tulisan ini, maka kita akan menemukan sebagai mana bangsa dan negara ini memiliki keadilan.

kiriman By : Erfain

2 Responses to "Apakah Negara Indonesia Adil atau Tidak Tentang Keistimewaan ?"

  1. hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
    ayo segera bergabung dengan saya di F/A/N/S/P/O/K/E/R
    disini hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
    ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

    ReplyDelete
  2. Mari gabung bersama kami agen terpercaya di Indonesia (7ACD8560)

    ReplyDelete

Trending Posts