Tempat Wisata di Siak Sri Indrapura, Riau yang Perlu Dikunjungi

Siak Sri Indrapura Merupakan sebuah ibukota kabupaten Siak. Kabupaten Siak adalah kabupaten terkaya di provinsi Riau setelah Kabupaten Bengkalis dan terkenal dengan kabupaten penghasil Minyak bumi. Selain itu di Siak juga memiliki potensi wisata yang perlu kamu ketahui dan untuk di kunjungi. Maka dari itu kami akan mereview singkat mengenai Tempat Wisata di Siak Sri Indrapura

gosumatra.com
Istana Siak Sri Indrapura ini adalah istana megah sisa dari peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan sebuah kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad 16 - 20 yang lalu. Istana ini memiliki sebutan lain yaitu istana Asherayah Al Hasyimiyah, Istana ini dibangun tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaiffudin. Bagi kamu yang berdomisili di siak pasti sudah tahu sejarah dari istana ini. 

Sesuatu yang menjadi daya tarik di istana siak ini adalah dengan terdapatnya peninggalan sejarah yang dinamakan Komet, yakni alat musik classic yang hanya ada 2 buah saja di dunia ini yakni di siak sri indrapura dan satu lagi di negara Jerman.


2. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah 
blogspot.com
Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah merupakan jembatan megah yang menghubungkan 2 daerah di atas sungai Siak Besar. Jembatan ini terletak di Kota Siak Sri Indrapura yang merupakan ibu kota kabupaten Siak. Jembatan yang merupakan Icon kota siak ke dua setelah istana siak memiliki keunikan yakni di atas jembatan berdiri dua tiang menara setinggi masing- masing sekitar 80 meter yang dilengkapi dengan dua buah lift untuk menuju puncak menara. kedua menara tersebut nantinya akan menjadi “Point Value” di sektor wisata karena akan dibangun lokasi kafe sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan panorama Kota Siak yang dilintasi sungai yang meliuk bak seekor naga.

3. Taman Kota Siak Sri Indrapura
staticflickr.com
Di taman ini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dan sejuk di tengah panasnya kota siak. dari kejauhan tampak jembatan siak yang berdiri kokoh serta megah menambah kenyamanan saat beristirahat, Di tempat ini biasanya banyak muda mudi yang mampir ada yang hanya sekedar foto bersama teman atau sama pacar.

4. Balai Kerapatan Adat Siak
http://analisadaily.com
Balai Kerapatan Tinggi Siak dibangun tahun 1886 pada masa pemerintah Sultan Syarif Hasyim, Sultan Siak ke XI. Pembangunannya dilakukan secara gotong royong oleh penduduk yang mendalami wilayah Datuk Empat Suku, yaitu Datuk Suku Tanah Datar, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Lima Puluh, dan Datuk Suku Kampar. Balai Kerapatan Tinggi dibangun difungsikan sebagai tempat penobatan raja, tempat musyawarah pembesar kerajaan, dan pengadilan.

5. Masjid Raya Syahabudin
blogspot.com
Masjid Raya Syahabudin dibangun pada tahun 1926 M  pada era Sultan al-Said al-Kasyim Abdul Jalil Saifuddin, yang merupakan sultan kerajaan Siak Sri  Indrapura. Kehadiran mesjid yg dibangun oleh keturunan para Sultan Siak ini telah membawa berkah yang tidak terhingga bagi masyarakat sekitarnya. Masjid bersejarah yang saat ini banyak dikunjungi bukan sekedar untuk beribadah, tetapi masjid ini juga sudah menjadi cagar budaya sebagai tujuan wisata. Bangunan fisiknya terbuat dari kayu, kemudian di dalamnya terdapat mimbar yang berukir dari Jepang. Letaknya berdampingan dengan makam Sultan Syarif Kasim II.

6. Komplek Makam Raja Siak
http://analisadaily.com
Untuk berwisata ziarah bisa berkunjung ke komplek makam Raja Sultan Syarif Kasim yang merupakan raja di Siak. Di makam ini banyak makam-makam keluarga raja. tetaknyaMakam Sultan Syarif Kasim II di Kecamatan Siak tepatnya dipinggir sungai Siak.

7. Queen Star Waterpark Siak
http://bertuahpos.com
Queen Star Waterpark Siak merupakan sebuah wahana rekreasi yang berbasis air di kota Siak, bukan hanya kolam renang namun dilengkapi berbagai fasilitas bermain air. Tempat wisata airu ini berdiri dengan cantik di atas lahan dengan luas tiga hektar.  Sensasi bermain air bersama keluarga, kerabat, sahabat bahkan orang terdekat pun jadi lebih seru. Satu-satunya waterpark di Siak milik Ibu Rosneli ini bisa menampung pengunjung sebanyak 5000 orang dan dijadikan pilihan wisata air keluarga. QSWS menjadi daya tarik bagi warga setempat hingga wisatawan karena pemandangan didalam wahana tersaji indah dengan berbagai patung dan gambar yang dikoleksi Queen Star dan hijaunya pepohonan membuat anda lebih rilex dalam berwahana.


Queen Star juga menyediakan Ruang meeting, panggung untuk acara, getring, birtday, wedding, ruang aerobik, mini market, swiminng eskul + guru, swiming lesson, farwell serta perlengkapan pengobatan p3k bagi pengunjung.

8. Kapal Kato Kesultanan Siak
staticflickr.com
Kapal Kato merupakan sebuah kapal yang terbuat besi dengan bahan bakar batu bara milik Sultan Siak, kapal ini selalu digunakan pihak istana  untuk berkunjung ke daerah-daerah kekuasaannya. Kapal ini berukuran panjang 12 m dengan berat 15 ton, terletak di pinggir Sungai Siak merupakan sosok monumen bersejarah yang dapat dikenang. Kapal koto ini terletak di sekitaran taman istana yang bisa pengunjung lihat ketika berkunjung ke istana, kalau mampir jangan lupa foto2 atau selfie karena kapal ini merupakan kapal yang sangat bersejarah.

9. Turap Siak
jalanblog.wordpress.com
Turap merupakan sebuah bantaran sungai yang dibangun oleh Pemda Siak sepanjang pinggiran sungai Siak di seputaran Kota Siak Sri Indrapura. Di Turap banyak sekali warung minimalis yang menjual berbagai makanan dan minuman siap saji atau makanan yang perlu di proses terlebih dahulu. 

Dari Turap ini kita dapat menikmati panorama sungai Siak dan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah dari kejauhan . Di sore hari kita juga dapat menikmati sunset di atas sungai Siak yang berwarna ke emasan. selain itu kita juga dapat menikmati lampu lampu indah di sepanjang Jembatan pada malam harinya. Untuk memanjakan pengunjung disepanjang Turap ini disediakan WI-FI gratis loh. patut mampir deh :) .

10. Danau Alam Zamrud
gispala.files.wordpress.com
Danau zamrud berada di hamparan ladang minyak bumi  milik Coastal Plan Pekanbaru (CPP) Block yang oprasionalnya dikelola oleh pemerintah Kabupaten Siak. Danau yang jauh dari pemukiman penduduk dan kebisingan kota ini  memiliki banyak pemandangan alam dan panorama alam yang eksotik, serta memiliki cadangan udara yang bersih dan sejuk memikat para petualang untuk berkunjung . 

Kawasan Zamrud masih ditemukan berbagai jenis satwa langka seperti ikan arwana emas (Schleropages formasus), ikan Balido, harimau sumatera (Pantheratigris sumatrensis), beruang merah (Helarctos malayanus), serta beraneka jenis ular. Bahkan kicauan burung Serindit (Loriculus galgulus), yang menjadi ikon Provinsi Riau juga dapat ditemukan di kawasan ini. Uniknya lagi, pada saat sore hari ketika matahari mulai terbenam para penghuni kawasan Zamrud seperti burung elang, kera, dan harimau mulai menampakkan diri satu persatu.

5 Responses to "Tempat Wisata di Siak Sri Indrapura, Riau yang Perlu Dikunjungi"

  1. Lokasi wisata di Siak emang bagus bagus yaa... untuk tambahan referensi wisata dan kuliner khas siak, coba di cek gan... keren kerennn....

    13 Lokasi Wisata Terbaik di Siak Sri Indrapura dan 8 Makanan Khas Siak Sri Indrapura Yang Wajib Anda Coba

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    ReplyDelete
  3. G4M3 = Onl1n3 = Fan5bett1nG = J01nt = y4 ^_^

    ReplyDelete
  4. Hai...penggemar BOLA, info : 7ACD8560
    Komunitas Sepak Bola terbesar di Indonesia

    ReplyDelete

Trending Posts