Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Bagi Pemula

Sebagian dari kita mungkin memiliki hobi dan kegemaran masing-masing, dari hal yang kecil hingga memelihara binantang. Salah satunya kucing. Kucing merupakan salah satu hewan yang paling digemari manusia. Selain tidak buas, kucing juga memiliki bentuk tubuh yang lucu. Jenis kucing yang paling banyak digemari biasanya adalah Persia dan Angora. 

Sebenarnya merawat kucing tidak terlalu sulit, tergantung jenis kucing apa yang anda pelihara. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih jauh bagaimana cara memelihara kucing berjenis Persia, kali ini kita akan membahasnya. Agar kucing anda selalu sehat dan tampak menggemaskan bukan?
 

1. Kesehatan Kucing
foto: https://c2.staticflickr.com

Perhatikan kesehatan kucing anda. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya periksakan kucing anda ke dokter hewan dan berikanlah vaksin agar tehindar dari virus yang berbahaya. Idealnya, vaksin pertama dilakukan setelah kucing berumur dua bulan dan memiliki berat badan yang cukup. Vaksin kedua merupakan penguatan dari vaksin yang pertama, dilakukan sebulan setelah vaksin pertama. Dan untuk selanjutnya kucing wajib untuk melakukan vaksin setiap tahunnya.
Jangan lupa pula untuk memberikan obat cacing. Terkadang kita tidak dapat mengetahui bahwa kucing kesayangan kita cacingan setelah kita melihat cacing keluar dari kotoran kucing kita. Berikanlah obat cacing setiap 3 bulan sekali untuk mencegah hal ini terjadi.
 

2. Merawat Bulu Kucing
foto: seputarkucing.com

Kucing Persia terkenal dengan bulunya bulunya yang panjang dan halus. Untuk itu, jangan terlalu sering mandikan kucing anda. Mandikan apabila tercium bau dari bulunya. Mandikan dengan air dingin saja, karena akan terjadi iritasi bila anda memandikannya menggunakan air panas dan itu akan membuat bulu indahnya menjadi rusak. Selain itu gunakan vitamin khusus bulu.
 

3.  Perhatikan Makanannya
foto: http://beritadaerah.co.id

Makanan kucing terbagi menjadi 2, yaitu makanan basah dan makanan kering. Biasanya terdapat di pet shop-pet shop terdekat. Makanan kucing yang baik minimal terkandung 28% protein. Kemudian, jika anda ingin kucing anda cepat gemuk, buatlah makanan sendiri atau sering dikenal dengan Rawfood, yang komposisi utamanya berasal dari daging ayam dan ditambah vitamin atau beberapa bahan lain seperti kuning telur dan vitamin E.
 

4. Perhatikan Kebersihan Tempat Makan dan Minum Kucing
foto: http://pirasi.com

Gantilah secara teratur tempat makan dan minum kucing dan pastikan dalam keadaan bersih. Untuk minum kucing sebaiknya menggunakan air matang untuk menghindari terjadinya diare.
 

5. Jaga Kebersihan Telinga, Kuku dan Gigi Kucing.
foto: http://i1.wp.com

Membersihkan telinga kucing juga perlu dilakukan secara rutin apakah terdapat kotoran di dalamnya atau earmite. Kuku kucing jika kita biarkan akan menjadi runcing dan tajam. Biasanya setelah dua minggu kuku kucing akan kembali panjang dan meruncing kembali. Potonglah bila kuku sudah tumbuh dan meruncing kembali. Kucing yang memakan pakanan kering biasanya tidak telalu masalah dengan gigi. Karena potongan-potongan pada makanan dapat membersihkan giginya. Namun untuk kucing yang memakan pakanan yang basah rentan terhadap masalah gigi. Apabila gigi kucing terlihat berwarna kecoklatan dan gusi memerah, pertanda bahwa gigi kucing harus segera dibersihkan.
 

6.Bersihkan Bak Pasir Kucing
foto: http://binatang.net

Kebersihan bak pasir juga harus selalu diperhatikan. Kucing yang sehat akan buang air besar dan kecil dengan intensitas yang normal. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengisi pasir dengan cukup. 
 

7.Bersihkan Kandang
foto: seputarkucing.com

Untuk kebersihan kandang, anda bisa membersihkannya dengan cairan pembersih. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian kandang kemudian pel hingga bersih. Tunggu hingga kering emudian masukkan kucing ke dalam kandang.


Itulah beberapa tips dari kami dalam merawat kucing bagi pemula yang baru mengengenal kucing, yang terpenting adalah sayangi hewan peliharaan kalian. semoga tulisan ini bermanfaat...........

2 Responses to "Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Bagi Pemula"


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    ReplyDelete
  2. Ayo pasang jagoanmu disini www(dot)updatebetting(dot)co
    Info lanjut 7ACD8560

    ReplyDelete

Trending Posts