Khasiat Kacang Buncis Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah kamu suka sayur Buncis? Tanaman yang mempunyai nama latin Phaseolus Vulgaris ini merupakan jenis polong-polongan yang dapat kita makan secara langsung, atau dimasak terlebih dahulu. Selain dapat dijadikan lalapan sehat, ternyata buncis kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang bermanfat bagi tubuh kita. Kamu wajib memasukkan kacang buncis ke dalam diet harian, karena merupakan rendah kalori dengan mengandung banyak mineral dan vitamin, seperti vitamin A, C, K B6 dan asam folat. 

Katanya, buncis ini bukan berasal dari Indonesia loh, melainkan berasal dari wilayah Amerika Selatan. Meskipun begitu, kacang buncis ini sudah menyebar hampir ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.  Kacang buncis yang juga salah satu sayuran yang masuk ke dalam family Fabaceae ini sangat cocok ditanam dan dibudidayakan di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Nahh, apa saja sih khasiat kacang buncis, yuk kita bahas:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
foto: http://madujuara.com

Kacang buncis memiliki kandungan vitamin C sebanyak 20 persen dalam 100 gram buncis, yang mana vitamin C ini akan membuat daya tahan tubuh (sistem imun) menjadi semakin baik dan terhindar dari penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Mata
foto: http://siputnews.com

Selain vitamin C, kacang buncis juga mengandung vitamin A sebanyak 13 persen dalam 100 gram buncis dan karotenoid yang sangat baik untuk kesehatan mata tentunya.

Kesehatan tulang
Sedangkan vitamin K yang terkandung dalam 100 gram buncis sebanyak 13 persen pula. Jika biasanya vitamin K kamu dapatkan dari berbagai macam olahan susu, kini kamu bisa peroleh dari buncis untuk kesehatan tulang kamu.

3. Melancarkan Pencernaan
foto: http://penulispro.com

Susah buang air besar (BAB)? Jangan khawatir. Kacang buncis dapat melancarkan pencernaan kamu, karena kancang buncis memiliki serat yang sangat tinggi. Selain itu, serat yang tinggi dapat melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu ginjal. Serat ini adalah komponen zat yang dibutuhkan dan sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh.

4. Mengatasi Diabetes
foto: http://halosehat.com

Khasiat kacang buncis yang selanjutnya yaitu mengatasi diabetes. Kamu dapat mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah dengan rutin mengkonsumsi kacang buncis. Mengapa? Karena dalam buncis terdapat protein yang mampu mengontrol kerja hormone insulin.

5. Mengurangi Resiko Kardiovaskular

foto: http://gejalapenyakitjantung.com

Mengkonsumsi kacang buncis juga dapat mengurangi resiko kardiovaskular (penyakit jantung). Hal ini disebabkan karena buncis mengandung kaya akan flavonoid yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah dan arteri dan mengurangi resiko penyakit jantung.

6. Mencegah Penuaan Dini
foto: http://caraorderglucoberrydanglucocoa.web.id

Ingin awet muda? Mengkonsumsi kacang buncis merupakan salah satu alternative untuk mencegah penuaan dini, karena kacang buncis mengandung antioksidan yang cukup yang berguna untuk menangkal radika bebas dan paparan sinar matahari.

Banyak sekali ya manfaat kacang buncis untuk kesehatan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sayuran sehat ini.

1 Response to "Khasiat Kacang Buncis Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. admin...numpang promo yah :)
    cuma disini tempatnya game online proses mudah,cepat dan terjamin,di add yuk 7acd8560

    ReplyDelete

Trending Posts