Tempat Wisata di Bontang Yang Murah Meriah 2016

Kota Bontang terletak di Propinsi Kalimantan Timur, tepatnya berjarak sekitar 120km dari Kota Samarinda, Bontang memiliki julukan Kota Taman, karna sebagai kota, bontang dinilai sebagai kota yang asri, bersih belum terlalu banyak polusi. Kalimantan dikenal sebagai pulau yang kaya akan sumber alam mineral dan batubara, hal ini tidak luput pula pada kota Bontang, disini kalian dapat menemukan tiga pabrik besar yaitu:  Badak NGL (gas alam), Pupuk Kaltim (pupuk dan amoniak) dan Indomico Mandiri (batubara).
Meskipun Bontang terkesan seperti kota industri namun sebenarnya Bontang memiliki potensi wisata yang luar biasa di banding dengan kota-kota provinsi lain di Kalimantan.


1. Taman Nasional Kutai
foto: http://radiobuana.com

Taman Nasional ini merupakan wisata andalan di Bontang, sebagian besar wilahnya berada di  Kabupaten  Kutai Timur dan Bontang. sedangkan kantornya berpusat di kota Bontang.  Taman Nasional Kutai juga dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan seperti perkemahan, penelitian dan pendidikan alam. Luas TNK sekitar 200 ribu hektare dengan beberapa tipe hutan yang kaya akan flora dan fauna di dalamnya. Tumbuhan yang ada meliputi tancang, bakau, cemara laut, bunga raflesia, meranti dan berbagai macam anggrek hutan. Untuk satwanya sendiri, mayoritas TNK dihuni oleh orangutan, bekantan, beruk, owa Kalimantan, kera ekor panjang dan kukang. Untuk tarif masuk wisatawan domestik Rp10.000.

2. Pulau Beras Basah
foto: https://ainaharris.files

Pulau Pasir Basah menempati posisi kedua populer setelah Taman Nasoinal Kutai, pulau yang mempesona ini merupakan surganya Bontang dan sangat populer di kalangan para wisatawan yang pernah berkunjung ke Kota Taman. keunikan dari Pulau Beras Basah adalah keberadaan menara putih yang tidak diketahui kapan pembangunannya. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Kota Bontang untuk menuju pulau ini.

3. Pulau Gusung
foto:http://4.bp.blogspot.com

Terletak di sebelah utara Kota Bontang berjarak kueang lebih 6 mil laut, dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat selama 20-25 menit, kalian dapat menemukan carteran speed boat di Pelabuhan Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau atau di Bontang Kuala. Pulau Gusung saat ini dihuni oleh ±300 orang kepala keluarga yang mata pencahariannya adalah sebagai nelayan tradisional, dengan aktivitas sehari-hari memancing ikan, menjaring ikan dan atau menangkap ikan dengan menggunakan  bubu. Fasilitas yang terdapat di Pulau Gusung untuk kepentingan pariwisata terbilang masih sangat minim, namun jika kalian memang traveler sejati, pasti tak akan menyerah unruk mengunjungi tempat ini hanya karna kondisi fasilitasnya saja.

4. Taman Cibodas
foto:http://3.bp.blogspot.com

Taman ini terletak di tengah-tengah kota Bontang, tepat di samping PT. Pupuk Kaltim. banyak warga setempat yang memanfaatkan taman ini untuk menjadi pilihan alternatif liburan murah, tentu taman ini ramai dikunjungi terutama pada hari libur dan week end. kalian bisa bersantai di taman ini sambil melihat kudupan warga kota Bontang, ataupun sambil berfoto-foto ria.

5. Pantai Marina
foto:http://m1.i.pbase.com

Lokasi Pantai Marina ini masih didalam komplek PT. Badak NGL, kuang lebih 4 km dari pusat Kota Bontang, Pantai Marina berpasir putih dengan tumbuhan hutan semak/ pepohonan pantai sangat mempesona, menghadap ke Selat Makassar. Ombak yang tidak terlalu besar dengan air kebiru-biruan sangat ideal untuk berolahraga jet sky, berenang atau bermain sky board. Pantai Marina ini dibagi kedalam dua kawasan yaitu Marina Kecil dan Marina Besar, yang keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. kalian bisa kepantai ini untuk bersenang-senang bersama teman ataupun keluarga.

0 Response to "Tempat Wisata di Bontang Yang Murah Meriah 2016"

Post a Comment

Trending Posts