Tempat Wisata di Tarakan Kalimantan Timur Yang Menarik Untuk Dikunjungi 2016

Kali ini kita akan membahas wisata yang ada di kota Tarakan, mungkin masih banyak yang awam dan belum mengatahui wisata yang ada di tarakan, karna memang kota ini masih kalah populer dalm hal priwisata. Untuk lebih jelasnya mari kita cari tau dulu mengenai kota Tarakan ini.
Tarakan adalah kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara, dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 250,80 km², Kota Tarakan berpenduduk sebanyak kurang lebih 239.787 jiwa. Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, berada pada sebuah pulau kecil. Semboyan dari kota Tarakan adalah Tarakan Kota "BAIS" (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera).
Apa saja wisata yang menarik di kota Trakan, mari langsung kita lihat reviewnya.

1. Hutan Mangrove
foto: http://2.bp.blogspot.com

Wisata yang pertama adalah kawasan konservasi hutan mangrove Tarakan, wisata ini merupakan wisata alam yang paling populer dikunjungi di Tarakan Kalimantan Timur, disini kalian dapat menikmati pemandangan yang masih alami karna kawasan ini merupakan wilayah yang dilindungi oleh pemerintah Tarakan. kalian masih bisa menjumpai pohon yang berusia ratusan tahun dan beberapa fauna khas Kalimantan yaitu Bekantan atau lebih populer disebut monyet belanda. Akses menuju ke kawasan ini sangat mudah dan gampang ditemukan, karna letaknya di jantung kota Tarakan di jalur jalan Gajah Mada.

2. Taman Oval Ladang
foto: http://img2.utiket.com

Yang berikutnya adalah taman oval ladang, disebut oval karena taman ini berbentauk oval. Ditaman ini sering dijadikan sarana hiburan masyarakat setempat sebagai ruang terbuka hijau di kota Tarakan, banyak aank muda yang berdatangan ke taman ini pada sore hari. Terlebih lagi taman ini memiliki berbagai fasilitas yang sangat memadai dan lokasinya mudah dijangkau. Terdapat berbagai macam patung di Taman Oval Ladang, seperti patung kuda, ikan, dinosaurus dan masih banyak lagi. Yang hobi narsis bisa lho berfoto ria di dekat patung-patung itu. Fasilitas lain pun juga turut mendukung kenyamanan taman ini, seperti taman bermain anak, jogging track, air mancur dan berbagai lampu hias. 

3. Pantai Amal
foto: https://ard1z.files.wordpress.com

Pantai Amal berada di Desa Pantai Amal, kecamatan Tarakan Timur. Di Pantai ini ada dua anak pantai yaitu pantai Amal Lama dan juga Pantai Amal Baru. Bagi kalian yang suka mengisi liburan dengan pergi ke pantai, pantai ini dapat menjadi alternatif pilihan yang menarik. Suasana khas pantai, pemandangan alam yang indah, ditemani dengan pohon kelapa serta air laut yang biru akan menjadi nuansa yang dirindukan saat kalian meninggalkan tempat ini.

4. Penangkaran Buaya Juwata
foto: www.google.co.id

Wisata yang satu ini sudah termasuk populer dikalangan wisatawan setempat, khususnya warga kalimantan timur, yaitu sebuah tempat penagkaran buaya, buaya yang di tangkarkan disini ada tiga jenis yaitu: buaya supit, buaya air tawar dan buaya muara. Namun mayoritas yang tinggal disisni adalah buaya muara yang terkenal buas dan berbadan besar daripada buaya jenis lain. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dan didirikan sejak tahun 1991. Jika kalian tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, kalian dapat mencarinya di desa Karang Harapan, Tarakan Barat.

5. Wanawisata Persemaian
foto: jayanjayan.com

Di Wanawisata ini kalian dapat melihat beberapa tumbuhan yang terbilang langka di bawah pengelolaan dan  lindungan Inhutani Tarakan  Kalimantan Timur, selain itu, ditempat ini juga tersedian beberapa fasilitas yang di peruntukan pengunjung seperti beberapa wahana permainan anak, tower, dll.

6. Museum Rumah Bundar
foto: http://irfan27.it.student.pens.ac.id

Museum ini dapat menjadi salah satu pilihan alternatif yang menarik jika kalian berwisata ke Tarakan, disebut museum rumah bundar karna memang atap dari museum ini berbentuk bundar setengah lingkar. Di tempat ini kalian dapat melihat beberapa barang peninggalan sejarah pada jaman Jepang dan juga Belanda. Museum Rumah Bundar ini terletak di di Jalan Danau Jempang, atau berada tepat di samping Gedung DPRD.

7. Grand Tarakan Mall (GTM)
foto: kaltimpost.co.id

Nahh, yang terakhir kita review adalah Grand Tarakan Mall, yang menjadi kebanggaan warga Trakan untuk berbelanja ataupun sekedar berwisata, kalian bisa memuaskan dahaga bagi kalian yang benar-benar punya hobby shopping, tentunya jangan lupa oleh-oleh buat yang di rumah yaa.. Tidak susah untuk menemukan lokasinya, karna mall ini terletak di jantung kota Trarakan, tepat berada di depan Grand Tarakan Mall.

Itulah beberapa wisata yang berada di Trakan Kalimantan  Timur, semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang hendak berwisata....

0 Response to "Tempat Wisata di Tarakan Kalimantan Timur Yang Menarik Untuk Dikunjungi 2016"

Post a Comment

Trending Posts