7 Gunung Tertinggi di Sumatera yang Wajib Kamu daki

Sumatra atau sering ditulis dengan Sumatera merupakan sebuah pulau terluas ke 3 di Indonesia dan juga menjadi pulau terbesar ke enam di dunia. Pulau sumatera memiliki luas 473.481 km² dengan sebutan lain andalas dengan puncak tertinggi puncak gunung kerinci bernama indrapura.

Kali ini Pecinta Alam akan mereview 7 Gunung tertinggi di sumatera :

1. Gunung Kerinci Terletak di Sumatera Barat dan Jambi (3.805 Mdpl)

Gunung Kerinci Terletak di Sumatera Barat dan Jambi
triptrus.com
Gunung kerinci adalah gunung tertinggi di sumatera serta merupakan gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia, Gunung Kerinci terletak di 2 provinsi yakni Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat.

Gunung Kerinci memiliki nama puncak tertingginya yakni Puncak Indrapura yang memiliki ketinggian 3.805 meter dpl merupakan daya tarik pendaki untuk mendaki puncak tersebut terkenal dengan keindahannya. Selain itu gunung ini masih sepi oleh pendaki karena aksesnya tak semudah seperti gunung di pulau jawa

Untuk mencapai Puncak Kerinci kita bisa melewati jalur pendakian Kersik Tuo yang berada di wilayah Kayu Aro. Jalur Kersik Tuo merupakan jalur pendakian paling umum yang banyak dipakai oleh para pendaki untuk mendaki ke puncak gunung tertinggi ini.

2. Gunung Leuser, Terletak di Nanggroe Aceh Darussalam (3.445 m)
Gunung Leuser, Terletak di Nanggroe Aceh Darussalam
http://epictio.com

Jangan mengaku pendaki gunung sejati jika belum mengunjungi Gunung Leuser, Gunung yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Dengan luas yang mencakup dua provinsi, Aceh dan Sumatera memiliki kekayaan alam yang melimpah. Ini dia surganya para Pendaki gunung.

Di Taman Nasional ini terdapat 132 lebih spesies hewan, seperti gajah, badak, harimau, macan tutul, dan masih banyak lagi, serta terdapat 322 spesies burung. keanekaragaman ini akan menjadi pengalaman seru saat Anda berjumpa dengan salah satu satwa tersebut saat mendaki gunung leuser. Tak salah Taman Nasional Gunung Leuser telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer dunia


3. Gunung Dempo, terletak di Pagar Alam (3159 mdpl)
Gunung Dempo, terletak di Pagar Alam
pecintaalam

Gunung Dempo (3159 mdpl) terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di Kota Pagaralam yang terkenal dengan kota dingin penghasil kopi robusta yang terkenal wangi dan enak. Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh dengan kendaraan darat sekitar 7 jam dari kota Palembang, yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan.

Untuk mencapai lokasi pendakian gunung Dempo, dari terminal Pagar Alam terlebih dulu Anda dapar mencarter mobil/taksi jurusan Pabrik Teh PTPN VII Persero yang jaraknya yakni mencapai 8 km dari terminal. Mobil carteran akan tiba ke desa di kaki gunung Dempo bernama Kampung 4 dengan jalannya yang cukup terjal dan berkelok  serta melewati hamparan kebun teh hijau. Dari sanalah, start pendakian dapat dimulai.

4. Gunung Bandahara, Terletak di Nanggroe Aceh Darussalam (3.030 Mdpl)

 Gunung Bandahara, Terletak di Nanggroe Aceh Darussalam
epictio.com
Gunung Bandahara merupakan gunung tertinggi ke empat (Versi Pecinta alam) dengan ketinggian 3.030Mdpl. Gunung Bandahara terletak  di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.  Jarak dari kota Blang Kejeran ibukota Kabupaten Gayo Lues sekitar 50km ke arah tenggara timur, sedangkan jarak dari kota Kutacane ibukota Kabupaten Aceh Tenggara sekitar 35 km.

5. Gunung Talamau, Terletak di Sumatera Barat (2982 Mdpl)
Gunung Talamau, Terletak di Sumatera Barat
dayatliensky

Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi ke Lima (Versi Pecinta alam), Gunung Talamau memiliki  ketinggian 2982 meter dari permukaan laut (dpl), Selain menjadi gunung tertinggi ke 5 di Sumatera, Gunung Talamau juga merupakan gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Karakteristik Gunung Talamau ini termasuk salah satu dari gunung api, tetapi tidak aktif.

Perlu Anda ketahui, Gunung Talamau merupakan gunung yang menyimpan banyak keindahan yang sangat mempesona dan sangat sayang untuk di lewatkan. di dalam kawasan hutan yang masih perawan dan asri ini banyak memiliki keanekaragaman hayati dan hewani.
Baca Juga :7 Gunung Tertinggi Di Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Daki

6. Gunung Marapi Terletak Sumatera Barat (2.891 Mdpl)

Gunung Marapi Terletak Sumatera Barat
pecinagunung
 Gunung Marapi merupakan gunung tertinggi ke Enam (Versi Pecinta alam), dan merupakan gunung tertinggi ke dua di Sumatera barat yang memiliki ketinggian 2.891 M dpl. Gunung ini merupakan gunung yang masih aktif atau gunung berapi. Letak gunung Marapi tepatnya di kawasan administrasi Kabupaten Agam dan dekat dengan kota Bukittinggi.

Gunung Merapi terletak berdampingan dengan gunung Singgalang, dipisahkan oleh sebuah jalan raya yang menghubungkan kota Bukit Tinggi dengan kota Padang Panjang jadi ketika Anda memiliki banyak waktu luang tidak ada salahnya mendaki ke 2 gunung sekaligus


7. Gunung Geureudong, Terletak Nanggroe Aceh Darussalam (2.885 Mdpl).

Gunung Geureudong, Terletak Nanggroe Aceh Darussalam
beritasatu.com
Gunung Geureudong merupakan gunung tertinggi Terakhir (Versi Pecinta alam). Gunung in bersebelahan dengan Gunung Burni Telong yang terletak di Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Gunung yang memiliki ketinggian 2885 mdpl memiliki daya tarik tersendiri bagi pendaki yang berminat mendakinya.  Kampung Pulo Intan merupakan menjadi tempat terakhir sebelum mendaki Gunung Geureudong. 
Baca Juga : 7 Gunung Tertinggi Di Indonesia (Seven Summits Indonesia)

4 Responses to "7 Gunung Tertinggi di Sumatera yang Wajib Kamu daki"

  1. ayo segera bergabung dengan kami
    di fanspoker^^com || karna difans anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar
    ayo tunggu apa lagi segera di add pin bb kami 55F97BD0 || saya tunggu di add nya ya...

    ReplyDelete
  2. segera bergabung dengan kami di u+p+d+a+t+e+b+e+t+t+i+n+g
    dan menangkan hadiah menariknya

    ReplyDelete
  3. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (5ee80afe) ^^

    ReplyDelete
  4. mari segera bergabung bersama kami di agen Fansbetting
    silakan daftar , deposit , mainkan dan menangkan hadiahnya
    ditunggu yahhh kehadiran anda :D

    ReplyDelete

Trending Posts