Wisata Alam Ombak Bono Kampar Riau

PecintaAlam.org - Ombak Bono terletak di Perairan Kuala Kampar, Desa Pulau Muda , Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau, Indonesia. Untuk mencapai kawasan ini memang tidak mudah, karena jalan untuk menuju ke daerah tersebut belum mulus jalannya...
Wisatawan yang akan menyaksikan tingginya ombak Bono dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dari Kota Pekanbaru lalu menuju kota Pangkalan Kerinci yaitu Ibukota Kabupaten Pelalawan yang berjarak sekitar 70 km dari pekan baru. Setelah itu, dari Pangkalan Kerinci, wisatawan disarankan menyewa speed boat menuju Desa Pulau Muda dengan lama perjalanan kira-kira 5 jam.  Dari Desa Pulau Muda inilah wisatawan dapat menyaksikan fenomena alam yang indah dan menawan yang bernama Bono.


BONO atau Gelombang Bono adalah fenomena alam yang terjadi  disebabkan pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju hilir. Peristiwa alam yang terbilang khas dan menarik ini. Wisatawan dapat menyaksikannya  bono pada saat gelombang pasang tiba. Gelombang pasang ini biasanya terjadi setiap tanggal 10-20 dalam perhitungan bulan hijriah, atau oleh masyarakat setempat sering disebut bulan besar tepat terjadi pada saat bulan purnama muncul. Pada saat musim pasang mati (bulan kecil), Bono hampir tidak ada. Jika musim pasang tinggi, gelombangnya bisa mencapai 4 sampai 6 meter dengan kecepatan sekitar 40 km per jam. Gelombang yang disebut bono ini bergerak dari arah muara munuju hulu sungai hingga mencapai puluhan kilometer dari muaranya. sungguh luar biasa.. 

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog PecintaAlam.org. Semoga Blog ini dapat selalu memberikan informasi Tentang Wisata Alam yang Akurat Bagi Pengunjung, Jika ada Pertanyaan jangan Sungkan sungkan, Bisa ditanyakan di komentar Blog ini, Pasti kami Jawab.. :)

-Salam Lestari-

0 Response to "Wisata Alam Ombak Bono Kampar Riau"

Post a Comment

Trending Posts