7 Tempat Wisata di Pekalongan Kota Batik Indonesia 2016

Pekalongan adalah salah satu kabupaten di provinsi jawa tengah yang terkenal dengan ikon batiknya, jika kalian pernah mendengar salah satu lagunya Slank yang liriknya "kota batik di pekalongan, bukan jogja, bukan solo". tidak salah lagi, kota batik di Indonesia adalah pekalongan. jadi kalau kalian berwisata di pekalongan jangan lupa sempatkan untuk membeli beberapa batik khas dari kota ini. selain itu, perlu kalian ketahui. pekalongan adalah kota pertama di Indonesia yang di nobatakan sebagai kota kreatif oleh UNESCO. namun selain terkenal dengan wisata batiknya, di pekalongan juga terdapat beberapa wista menarik yang tak boleh kalian lewatkan.

1. Museum Batik
foto: vsebayang.files
Menyesuaikan dengan ikon kota ini, review kami yang pertama adalah museum batik. tentu saja di museum ini seluruhnya berkaitan dengan batik mulai dari proses pembuatan hingga pemasaran. museum ini terletak di Jalan Jetayu No.1 sangat dekat dari pusat kota pekalongan. koleksi batik ini terbilang sangat lengkap mulai dari batik kuno jaman penjajahan Belanda dan Jepang sampai batik yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. tentu kalian bisa berwisata dan sekaligus sambil belajar mengenal batik jika berkunjung disini.

2. Pantai Pasir Kencana
foto: triptrus.com
Pantai pasir kencana ini berada dekat dengan jantung kota, kurang lebih berjarak 4 KM dari arah kota. pantai ini menjadi spot yang bagus bagi kalian untuk menikmati senja bersama keluarga ataupun teman, kalian bisa bermain air sambil berjalan-jalan menyusuri pantai. kawasan pantai pasir kencana telah dikembangkan sebagai sebuah tempat rekreasi untuk warga pekalongan atau siapaun yang berkunjung kesini. berbagai fasilitas telah tersedia di pantai ini antara lain taman bermain, panggung terbuka, bangku dan taman untuk bersantai, becak air, warung makan, musholla, toilet dan kamar mandi bilas, serta sederet fasilitas lain yang memanjakan para pengunjung.

3. Curug Bajing
foto: suaramerdeka.com
Yang berikutnya adalah wisata curug bajing, curug yang berarti air terjun ini terletak di desa tlogopakis, kecamatan petungkriyono, untuk menuju ke curug ini terbilang cukup mudah, apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi. dari pusat kota pekalongan, curug bajing bisa dicapai dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama 1,5 jam.

4. Desa Lolong
foto: .blogspot.com

Desa lolong termasuk desa wisata di pekalongan yang sangat banyak dikunjungi wisatawan, disini kalian bisa mencoba dan merasakan arung jeram yang termasuk kedalam olahraga ekstrem di sungai singkarang. desa ini memiliki suasana pegunungan dengan hawa sejuk yang sangat menentramkan. di pekalongan, desa wisata ini terkenal dengan buah durennya. jika sedang musim, kita bisa dengan mudah mendapatkan buah duren di sini. keberadaan sungai singkarang yang membelah desa membuat suasana di sana menjadi semakin syahdu. Sungai ini merupakan lokasi rafting yang cukup terkenal di pekalongan. desa wisata lolong berada di wilayah kecamatan karanganyar.

5. Perkebunan Teh Pagilaran
foto: .wisatamu.com

Untuk kalian yang ingin merasakan sejuknya pegunungan, udara yang bersih dan pemandangan yang mempesona mata. disinilah tempat yang cocok untuk kalian kunjungi, yaitu perkebunan teh  pagilaran. namun sebenarnya kebun teh pagilaran ini tidak terletak di wilayah pekalongan, tapi tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berada di pekalongan. kebun teh pagilaran berada di perbukitan dieng dan masuk dalam wilayah desa pagilaran, kecamatan blado, kabupaten batang.

6. Gunung Rogojembangan
foto: .blogspot.com

Di pekalongan juga terdapat gunung yang sering dijadikan wisata, terutama bagi para pendaki, tentu saja cocok untuk kalian yang memiliki naluri mendaki gunung. jangan lewatkan kesempatan ini untuk memperlengkap daftar gunung yang kamu taklukan. gunung ini berada di perbatasan wilayah kabupaten pekalongan serta banjarnegara. jalur pendakian utama gunung ini adalah melalui desa gumelem, kecamatan petungkriyono. tinggi gunung ini mencapai 2.117 MDPL

7. International Batik Center (IBC)
foto: kompasiana.com

Nahh, di review yang terakhir tentang wisata pekalongan kalian bisa memuaskan hasrat shoping, terutama buat para perempuan khususnya ibu-ibu yang hobby belanja, kalian bisa membeli batik-batik disini dengan harga yang terjangkau. jangan lewatkan kesempatan ini jaika kalian sedang berwisata ke pekalongan.

1 Response to "7 Tempat Wisata di Pekalongan Kota Batik Indonesia 2016"

Trending Posts